Selasa, 21 September 2010

Hargai dan Hormati Diri anda sendiri sebaik mungkin

Lebih penting mana : Temen atau pacar? Nabung atau belanja? Belajar Mata kuliah Linguistic or Maen Pro Evolution Soccer? Sekolah atau Kerja?

Kalo kita punya banyak mimpi, n banyak tujuan hidup plus banyak keinginan, pasti banyak juga daftar yang kita mesti kerjakan.
ini cerita saya, sekarang ini kegiatan saya lumayan senggang dari biasanya, but besok saya lumayan kena jadwal padet, aturan kuliah dari Seamolec jam 8 ampe jam 5 sore, eh lha kok hari ini saya dapet telpon dari Pemda Bantul, buat meeting persiapan workshop seluruh kepala Dinas yang ada di Kabupaten Bantul jam 9 pagi yang biasanya molor ampe jam 12 siang. Buat saya si ini namanya peluang di saat g tepat, disaat saya mesti belajar LMS  (yang jadwalnya pun sungguh sangat maut) eh lha kok ada tawaran menggiurkan plus menggairahkan dari tempat lain.. but show must go on, akhirnya tanpa banyak pikir, hari ini saya hubungi partner saya yang bisa bantu saya handle kerjaan yang sungguh sangat mengiurkan n menggairahkan ini, satu dua kali telpon, negosiasi, and deal. hari ini prioritas utama selesai, setup workshop plus partner untuk tanggal 29-30 DONE, so kerjaan kedua adalah besok saya mesti nego dengan BPR Bank Bantul untuk masalah pembiayaan..
dan hebatnya hari ini, tumben-tumbennya Jakarta telpon saya untuk minta Funnel bulan depan, mau g mau saya mesti kerjain juga hari ini, walopun banyak rencana menggunung hari ini, but tetep saya kerjain di kantor tercinta, waktu uda jam 4.15 sore, padal saya punya janji ama diri saya sendiri buat jalan2 jam 5 sore ke Amplaz (Cuci mata, cuci tangan, cuci kaki), ghhhhhhhhh ngebut-ngebut-ngebut saya kerjain buru2 itu tugas kantor ( maunya si g saya kerjain tapi ini berhubungan dengan mengepulnya dapur saya ya harus dikerjain ) n kerjaan selesai tepat jam 5.40 sore, langsung kirim email ke Jakarta, begitu ada tulisan Sent di Outlook saya langsung de, tutup laptop n ngabur ke Amplaz.....
yang pengen saya share disini si bukan saya pergi ke Amplaz-nya... but, gimana kita bisa mengatur prioritas sehingga kita bisa menghargai diri kita sendiri dan bukannya menjadikan prioritas sebagai beban dan merembet ke hal lain. Hidup harus selalu punya prioritas, n tujuan utama, so kita bisa kerjain semua yang kita mau n kita pengen dengan baik, n hasilnya sesuai ama yang kita harapkan, pasti kita ga ada yang mau kan gara-gara kerjaan dikantor, orang rumah terlantar? or kebalikannya gara2 lebih seneng dirumah kerjaan kantor terlantar? buat saya prioritas kerjaan adalah ketika kita ada di kantor, ketika kita sibuk ngitung margin, negosiasi, ditemenin telpon, Gmail. Blackberry, etc, but begitu kita keluar kantor, y uda it's DONE atau kita anggap Done n kita bisa melakukan sesuatu yang lain, begitu sampai rumah ya otomatis prioritas saya adalah orang rumah, mau itu beli makan malem, beli rokok, obat, nyuci baju, nyuci motor, nonton OVJ (ini obat paling manjur ngatasin stress-thx to Sule,Andre,Azis,Parto,Nunung) or hal lain mengenai rumah...
Saya selalu melakukan hal ini karena saya seorang yang menganggap kalo KITA MAU MENGHARGAI ORANG LAIN, KITA HARUS BISA MENGHARGAI DIRI SENDIRI dulu...
menurut saya ada dua rumus sukses dalam bersosialisasi.

1. Gimana kita bisa menghargai orang lain kalo kita ga bisa menghargai menghargai diri sendiri??
2. Gimana kita bisa menghargai diri sendiri kalo kita sendiri g bisa menerapkan prioritas??

Saya dapet rumus ini ketika saya waktu itu ikut organisasi dijogja dimana ayah saya juga menjadi pengurusnya, pernah suatu kali ketika urusan organisasi uda kelar n ayah saya minta tolong untuk dibelikan sesuatu, saya menolak dengan cara membentak (darah muda kali yee, soalnya waktu itu capek banget sumpah ^_^!), wah trus mulai dari situ ayah saya diemin saya entah itu dirumah or di mana aja (padal , ga pernah babe begini) akhirnya ibu saya yang bijak ngasih tau saya "coba kamu di posisi bapak nak, gimana perasaan bapak, ketika anak yang beliau banggakan di depan koleganya tega menusuk, membakar, dan membunuh beliau?" (bahasanya agak lebay si, but isinya paling engga seperti itulah) dari sini saya mikir, wah bener juga ya, gimana seandainya waktu itu saya ga maksain ikutan kerjaan organisasi yang akhirnya malah menguras energi saya (pagi juga masih kuliah, subuh ngerjain skripsi, malem maen game) so saya engga capek n bisa ngerjain apa yang bapak suruh ke saya....
mulai dari sini saya mencoba menjadi THE RIGHT MAN IN THE RIGHT PLACE, caranya ya dengan menghargai diri sendiri punya skala prioritas, mengukur kemampuan diri, mengadaptasi cara yang lebih baik, belajar n terus belajar...
saya adalah orang yang paling anti disuruh ama orang lain (kecuali bapak dan ibu saya tercinta ya) pernah suatu kali atasan saya di kantor Jakarta, diluar jam kerja, menyuruh saya (seolah kaya nyuruh OB) nyari makanan untuk tamunya wah ya uda saya tegesin aja sama dia "pak, benar saya bawahan bapak, tapi itu selama jam kerja dan di lingkungan kantor pak, kalo diluar ya bapak senior saya dan teman saya" langsung de dia nggloyor sendiri cari makan, but dari situ saya uda ga diperlakukan layaknya OB or anak bawang, dia selalu 100% percaya sama saya, meeting penting pun saya yang mewakili perusahaan, seluruh kerjaan semacam tender, training dipercayakan 100% ke saya mulai dari organize team, meeting, n eksekusi semua dipercayakan kepada saya, bahkan audit eksternal perusahaan pun saya mewakili bagian saya untuk diaudit.
Ini mengapa ketika kita bisa menghargai diri kita sendiri, kita tau apa yang bisa kita dapat, apa yang layak buat kita bukan orang lain yang menentukan.
prioritas pada akhirnya menuntut kembali kedewasaan dalam menentukan pilihan dan jiwa ksatria untuk menerima segala konsekuensi dari prioritas yang kita buat karena prioritas adalah keputusan kita
dan tidak datang sendiri di hadapan kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar